Awetkan Daya Baterai Ponsel dengan Cara Berikut

masnunung - Sobat saya yang baik hati di manapun berada, saat ini berita yang menyita perhatian kita ialah banjir. Doa kita semoga bencana yang terjadi berulang kali ini segera teratasi. Kali ini saya akan membahas soal baterai.

Loh, apa hubungannya banjir dan baterai? Cotohnya seperti ini sobat, suatu ketika kawasan di mana Romeo (tokoh saya dalam beberapa artikel) tinggal di perantauan tiba-tiba banjir. Ini banjir kiriman, tak perlu ke kurir atau perangko, tiba-tiba saja datang.

baterai ponsel biar awet

Bayangkan, Romeo dan warga sekampungnya panik bukan main. Warga pun bergegas menuju bangunan yang dirasa posisinya lebih tinggi untuk mengamankan diri, termasuk Romeo.

Sesampai di penampungan, betapa kagetnya pemuda ini karena rupanya ia lupa membawa serta charger atau pengisi daya baterai ponselnya.

Memang masih 50 persen dayanya, tetapi hujan agaknya masih cukup lama. Romeo harus mengabari kekasihnya, Juliet serta keluarganya di kampung halaman.

Dalam situasi terjepit seperti itu, Romeo teringat kiat-kiat mengamankan baterai ponsel saat banjir. Romeo pun membuka browser dan mulai mencari artikelnya. Alhamdulillah Instagram Kementerian Informasi dan Komunikasi menurunkan artikel soal itu.

Berikut cara-caranya yang kemudian diikuti Romeo dan warga lainnya. Sementara itu bantuan mulai berdatangan ke tempat pengungsian Romeo dan warga. Bukti bahwa rakyat Indonesia itu bisa bersatu dan rela berkorban untuk sesamanya.

1. Ubah Mode Power Saving

Mode ini akan secara otomatis mengatur ketahanan daya baterai. Setiap ponsel atau smartphone saya kira sudah dilengkapi fitur yang sangat berguna ini.

2. Aktifkan Airplane Mode

Menagktifkan mode ini juga penting di saat-saat seperti yang dialami Romeo.

3. Pakai Mode Silent, Jangan Getar

Saat baterai benar-benar menjadi nyawa di smartphone sobat karena kondisi, bahkan mode getar pun akan mengurangi daya baterai lebih cepat. Atus saja ke silent atau senyap atau diam.

4. Batasi Aplikasi di Layar Background

Untuk menghemat pemakaian baterai, batasilah aplikasi mana saja yang sobat tetap aktifkan karena memang digunakan. Yang tak pakai, hilangkan centangnya.

5. Simpan Daya Layar dengan Sering Menguncinya

Ketika dibiarkan tidak terkunci, daya akan memberikan energinya untuk menyalakan dan menerangi layar. Sementara jika dikunci ia akan padam.

6. Pakai Mode Wallpaper Gelap

Wallpaper gelap menggunakan daya baterai yang lebih irit ketimbang mode terang. Memang harus lebih cermat dan membaca apa yang ada di layar lebih hati-hati karena agak gelap.

7. Matikan Notifikasi, Auto-Sync dan Geotag

Aplikasi-aplikasi seperti itu cukup bermanfaat mengurangi pemakaian baterai, misalnya saat terjebak banjir, lampu padam atau kelupaan bawa powerbank.

8. Pakai Aplikasi Versi Lite

Nah, kalian yang selama ini memilih mengunduh aplikasi versi lite ternyata ada gunanya ya saat kejepit kayak begini. Memang sih, fiturnya tak selengkap yang bukan lite, namun cukuplah membantu memperpanjang umur baterai.

9. Jangan Lupa Charge Saat Listrik Menyala

JIka ada waktu listrik menyala, meski hanya beberapa menit, cobalah untuk mengisi daya baterai smartphone sobat.

Begtulah kiat-kiat yang akhirnya diterapkan Romeo. Selanjutnya ia menelepon keluarganya mengabarkan keadaannya selamat, namun tak sempat membawa barang-barang di kamar kosnya.

Romeo pun menelepon kekasihnya, Juliet untuk mengabarkan hal yang sama. Ia menceritakan bagaimana warga di perumahan yang tidak terdampak bencana banjir secara sukarela memasak dan mengirimkan bantuan. Padahal sebelumnya ia sempat syok karena diblokir Juliet. Jika belum tahu caranya mengetahui WhatsApp sobat diblokir pacar, baca artikel ini.

Aparat pemerintahan juga sibuk meski malam hari. Mereka mengatur kedatangan para pengungsi untuk mendapatkan tempat menginap sementara.

Romeo melihat semua elemen bergerak untuk menangani musibah banjir. Tak perlu saling menyalahkan siapa dan apa.

"Terenyuh saya Dik melihat kebersamaan di sini. Saya rasa seperti inilah seharusnya Indonesia...," ujar Romeo kepada Juliet. Saat melihat relawan menyiapkan sayuran untuk diolah, Romeo pun teringat pernah menanam sayur dan buah dengan teknik hidroponik.

Hujan masih turun, air belum surut, sebentar lagi pagi dan matahari terbit meski tertutup awan gelap. Setidaknya Romeo sudah menghubungi keluarga dan orang terdekat.

Romeo memasukkan smartphone yang belum lunas cicilannya ke kantong saku. Ia aktifkan kunci layar biar hemat baterai. ***

Belum ada Komentar untuk "Awetkan Daya Baterai Ponsel dengan Cara Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel