Cara Translate Bahasa di WhatsApp, Begini Langkahnya

masnunung - Cara translate bahasa di Whatsapp menjadi pilihan bagi manusia seperti saya yang hanya menguasai bahasa Indonesia aktif, sementara bahasa asing sangat pasif.

Aplikasi pesan singkat yang sangat populer, WhatsApp atau paling banyak disebut orang dengan WA saja memungkinkan sobat bercakap dengan siapa saja. Maksud saya manusia, bukan mahluk yang lain.

Bahkan dengan orang-orang yang tinggal di ratusan negara, yang negaranya sobat bahkan belum pernah mengunjunginya. Dan Google translate memang dibuat untuk menjembatani  kebutuhan tersebut. Sehingga perbedaan bahasa bukan lagi kendala untuk saling mengenal.

Cara Translate Bahasa di WhatsApp

Jika sobat selama ini harus pindah aplikasi atau layar dari WA ke Google Translate untuk menerjemahkan bahasa percakapan dengan orang asing, ada cara yang lebih mudah. Saya katakan lebih mudah karena sobat tak perlu pindah halaman.

Cara Memasang Google Translate di WA

Untuk menggunakan fitur yang oleh Google disebut Tap to Translate (ketuk untuk menerjemahkan) ini sobat harus memasangnya di WA. Jadi tidak serta merta bisa menggunakannya di WA yang belum diatur agar sinkron dengan Google Translate.

  • Pertama-tama sobat buka halaman Google Translate.
  • Tak ikon berupa tiga garis di pojok kiri atas layar smartphone sobat.
  • Ada beberapa pilihan, ketuk Setelan.
  • Akan muncul beberapa opsi lagi, pada langkah ini sobat ketuk saja untuk Menerjemahkan yang ada di baris paling atas. Di sini terdapat toogle untuk mengaktifkan atau tidak.
  • Geser toogle ke aktif dan nyalakan juga tampilan notifikasi.
  • Fitur Tap to Translate Google Translate berhasil sobat pasang di WA dan siap digunakan.

Sebelum lanjut ke bagian penggunaannya di WA, sobat cek dahulu deh baterai smartphonenya. Jika tinggal sedikit dan lupa bawa charger, lakukan langkah membuat awet baterai ponsel dengan cara berikut.

Cara Menggunakan Google Translate di WA

Kini sobat sudah memiliki guide di WA. Jangan khawatir bercakap-cakap dengan orang dari belahan bumi manapun yang bahasanya sudah ada di daftar Google Translate.

Lalu bagaimana menggunakannya? Ikuti langkah-langkah yang saya uraikan sebagai beikut:

  • Masuk ke aplikasi WA sobat, lalu masuk ke salah satu percakapan dengan teman dari Thailand yang sudah berhari-hari chat namun sobat biarkan karena tak tahu artinya kalimat yang dia tuliskan hehe.
  • Kemudian tap dan tahan kalimat dalam bahasa Thailand tadi, salinlah.
  • Maka secara otomatis akan muncul fitur Google Translate di bagian pojok kanan atas WA sobat.
  • Nah, kini sobat tahu arti kalimat yang dituliskan teman dari Thailand tadi.
  • Selanjutnya silakan balas chat teman tadi dengan Bahasa Indonesia yang intinya menjawab chat teman dari Thailand.
  • Jika teman sobat yang orang Thailand juga sudah mengaktifkan fitur Google Translate di WA-nya, ia dengan mudah menerjemahkan jawaban sobat.
Jagalah percakapan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang baik dan bijak sobat. Sebab belum tentu gaya bahasa yang sobat pakai sehari-hari cocok untuk teman dari negara lain. Jangan sampai sobat diblokir, meski untuk mengetahui WA diblokir atau tidak caranya mudah seperti tulisan saya yang ini.

Tentang Google Translate

Tahukah sobat kapan ya Bahasa Indonesia resmi masuk ke dalam daftar Google Translate? Benar (halah belum menjawab kok benar hehe), tepatnya 25 September 2008 silam.

Google terjemahan atau dalam bahasa aslinya Google Translate merupakan layanan yang disediakan Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web antarbahasa.

Google menggunakan perangkat lunak hasil kreasi tinya sendiri. Hal ini yang membedakannya dengan penerjemah lain seperti milik Babel Fish atau AOL yang mengandalkan Systran.

Terjemahan yang dilakukan Google menggunakan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och yang telah memenangkan kontes DARPA untuk kecepatan mesin terjemahan pada tahun 2003. Sekarang Och menjadi kepala departemen mesin penerjemah Google.

Akhirnya, semoga artikel saya tentang Cara Translate Bahasa di WhatsApp ini bermanfaat bagi sobat semua. Saya selesaikan artikel ini setelah salat subuh, meski cuaca Tanjungpinang mendung, yuk semangat sobat. ***

Belum ada Komentar untuk "Cara Translate Bahasa di WhatsApp, Begini Langkahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel