Lengkingan 5 Lady Rocker Ini Masih Terngiang

masnunung - Entah dari mana asalanya, kok saya tiba-tiba menyukai genre musik rock. Padahal sewaktu masih kecil, katakanlah usia SD, yang saya dengar setiap minggu tangga lagu-lagu pop. Atau karena di tahun 80-an di Indonesia memang nuansa rocknya kental banget.

Pokoknya grup band atau penyanyi yang beraliran rock, Insya Allah saya tahu meski tak banyak. Namun saya membatasi penyanyi rock adalah seseorang yang memang lagunya ngerock. Meski iramanya pelan, tetap saja beda sentuhan rocknya.

Lima lady rocker yang ada di bawah ini adalah versi saya. Ada memang beberapa yang mungkin hanya mengeluarkan beberapa lagu, namun gahar suaranya saya masukkan ke daftar. Harus diakui, sobat yang tahu nama-nama yang akan saya sebutkan di bawah ini, saat ini berarti kalian tak lagi muda hehe.

1. Nicky Astria

Nama aslinya Nicky Nastitie Karya Dewi, mulai dikenal setelah merilis album Jarum Neraka. Perempuan kelahiran 18 Oktober 1967 ini tampil energik tatkala membawakan lagu keras. Bakat Nicky ditemukan oleh gitaris andal Indonesia, Ian Antono.

Beberapa lagunya yang memiliki beat rock diantaranya Jarum Neraka (1984), Tangan Tangan Setan (1985)
Gersang (1986), Cinta Di Kota Tua (1988), Uang (1999). Sementara lagu slownya Biar Semua Hilang dan Misteri Cinta.

Saat Pekan Aksi Ekonomi Kreatif di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Kepri, beberapa tahun lalu Nicky diundang panitia. Kala itu ia membawakan salah satu lagu legendarisnya, Uang.

2. Mel Shandy

Melinda Susilarini atau lebih dikenal dengan nama Mel Shandy lahir di Bandung, 26 September 1971. Ia sudah mengawali karir sebagai penyanyi rock sejak belasan tahun. Sempat mengikuti Festival Rock se-Indonesia IV (1987), tetapi kandas di semi final. Justru ia manrik perhatian promotor legendaris, Log Zhelebour, yang kemudian mengajak rekaman.

Lahirlah album Biangala (1989). Di album ini saya menyukai karakter vokal Mel di lagu Ulah Tuan dan Nona. Lagu inilah yang membuatnya disejajarkan dengan lady rocker lain. Ia penyanyi rock perempuan andalan Logiss Record.

Lagu Nyanyian Badai, Angin Malam Mel mengeluarkan kemampuan vokalisnya. Dahsyat. Sempat mengeluarkan album Ngeri bersama Metal Boyz. Saat ini gabung di Saxy Rock asal Surabaya. Para personelnya ialah musisi eks Power Metal.

3. Conny Dio

Saya mengenalnya saat menyaksikan Musik Minggu Siang di TVRI di zaman saya. Ia menyanyikan lagu Istana Menanti bersama seorang penyanyi rock Malaysia. Sejak lagu ini, saya menyukai suaranya yang serak-serak basah.

Nama lahirnya Conny Tritayuni di Cimahi, 15 Juni 1975. Pada tahun 2012 ia masih menggung dengan mengadakan konser tunggal. Saat ini kabarnya ia menjadi vokalis Whizzkid, menggantikan Hengky Supit yang keluar dan memilih solo.

Albumnya terdiri dari Setitik Air (1990), Langkah Pasti feat. Rahim Maarof (1991), Bawalah Aku Pergi(1992), Esok Yang Ceria (1993), Belenggu Pintu Cinta (1995), Ingin Kucari (1996), Do'a Seorang Kekasih (1998) dan Hilang (2001)

4. Anggun C Sasmi

Kalau yang satu ini pasti banyak yang tahu. Apalagi sampai sekarang ia masih dipercaya sebagai brand ambassador salah satu shampoo yang kerap tampil di televisi. Sobat pasti tahu lagu Mimpi, kan? Perempuan berkulit eksotis kelahiran 29 April 1974 ini agaknya memang setia dengan genre rock.

Tak hanya di Indonesia, nama Anggun pun sudah terkenal di kancah musik internasional. Lagu-lagunya yang mengena di saya diantaranya Laba-laba, Tua-tua Keladi, Takut, Bojoku.

Ia kemudian menembus dapur musik internasional dengan Album Snow on the Sahara (1997). Album ini dirilis di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat. Ia pun berkolaborasi dengan Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), Il Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls).

Anggun merambah ke ajang pencarian bakat televisi lewat X Factor Indonesia (2013), yang menjadikannya juri termahal dalam sejarah pertelevisian Indonesia. Ia juga menjadi juri untuk Asia's Got Talent (2015) yang diikuti oleh peserta dari 27 negara di Benua Asia.

Anggun merupakan wanita pertama asal Indonesia yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. Ia juga telah dua kali didaulat menjadi duta global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2009.

5. Yosie Lucky

Yosie Lucky lahir di Bandung, 7 Desember 1974, yang mengingatkan saya akan penampilannya. Ia lincah saat di panggung. Awal kemunculan Yosie adalah pada saat peluncuran album perdananya yang berjudul Tabrak Lari yang lumayan mendapat respon dari pasar musik Indonesia pada saat itu.

Lama tak terdengar, ia kembali dengan album Emen pada tahu 1992 yang langsung menjadi hits.

Albumnya ialah Tabrak Lari - Hins Collections, Stop Cuap Cuap - Billboard - Hins Collections, Orang Orang Kalap - 1988 - Billboard dan Emen - 1992- Blackboard.

Begitulah sobat, sampai sekarang saya masih sering memutar lagu para lady rocker Indonesia di atas. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel