Mengapa Dilarang Nelepon Saat Isi BBM di SPBU?

masnunung - SPBU adalah tempat paling penting bagi sobat ketika kendaraan membutuhkan "minum" berupa bahan bakar minyak. Pernahkah sobat memerhatikan bahwa di setiap SPBU pasti mencantumkan larangan, salah satunya menggunakan ponsel.

Larangan ini biasanya ditempelkan di dekat pompa SPBU dengan warna yang mencolok agar mudah terbaca oleh pengguna. Sobat pasti bertanya mengapa harus dituliskan peringatan seperti itu di SPBU.

larangan penggunaan ponsel saat mengisi bbm di spbu

Lantas bagaimana kalau tiba-tiba ada panggilan masuk saat sobat ada di SPBU? Apakah akan tetap mengaktifkannya dan menerima telepon? Beriku beberapa hal yang terkait dengan larangan untuk tidak menelepon menggunakan ponsel di kawasan pom bensin.

Kemungkinan Ledakan Kecil

Salah satu yang beredar di masyarakat ialah, penggunaan telepon genggam di SPBU akan mengakibatkan ledakan. Menurut yang saya baca dari laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Peneliti utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Harry Arjadi pada tahun 2016 mengatakan, larangan mengaktifkan ponsel saat mengisi bahan bakar minyak bukan karena menyebabkan ledakan.

Menurutnya, kemungkinan terjadi ledakan akibat penggunaan ponsel saat mengisi bbm sangat kecil. Atau bahkan ia menyebutnya tidak akan meledak. Harry memiliki alasan ilmiah, yakni radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh telepon genggam sudah tercampur dan terurai dengan komponen di udara.

Bisa Rugikan Konsumen SPBU

Jika bukan karena kemungkinan terjadinya ledakan, lantas karena apa? Ditambahkan Harry, jika melakukan hal tersebut justru bisa merugikan knsumen sendiri. Sebenarnya, larangan dibuat untuk melindungi akurasi takaran mesin elektrik pompa BBM.

Ternyata sobat, gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh ponsel dapat memengaruhi kinerja mesin elektrik pompa BBM. Jika gelombang yang ditimbulkan dari ponsel tersebut terlampau besar, maka bentuk gangguan pada kinerja mesin elektrik pompa BBM itu adalah terjadinya kesalahan takaran BBM yang diinginkan.

Akibatnya, sebagai contoh, bila karyawan memencet tombol perintah mengeluarkan premium 10 liter, bisa saja yang keluar hanya satu liter. Hal ini tentu saja akan merugikan konsumen. Baru isi BBM kok jalan satu kilometer kendaraan sudah kehabisan bahan bakar.

Bisa Juga Rugikan SPBU

Sebalinya, penggunaan ponsel di kala mengisi bahan bakar minyak juga bisa merugikan pihak pengelola SPBU. Alasannya sama dengan apa yang saya uraikan di poin kedua di atas.

Jika gelombang ponsel menggangu kinerja mesin elektronik pompa BBM, bisa saja saat petugas memencet tombol perintah mengeluarkan bahan bakar sebanyak 1 liter tetapi yang keluar justru 10 liter.

Harry memberikan penjelasan lain soal larangan penggunaan ponsel di ruang ICU pada saat alat pacu jantung digunakan. Dengan gelombang yang dipancarkan ponsel, bisa memungkinkan alat pacu tersebut akan memompa lebih cepat dari biasanya.

Oleh sebab itu, Harry menekankan pentingnya ada uji Electromagnetic Compatibility (EMC). Sehingga dapat diketahui apakah ambang batas elektromagnetik sebuah produk teknologi tidak memengaruhi sebuah perangkat dan mampu melindunginya.

Telepon Mendadak

Lalu bagamana saat pas giliran sobat mengisi bbm tiba-tiba ponsel berdering? Menurut saya sih biarkan saja sementara waktu, sampai petugas selesai mengisi bbm ke kendaraan sobat. Apalagi jika sobat mengendarai sepeda motor, sepertinya akan sedikit ribet.

Ketika salah satu tangan menerima panggilan telepon, tangan satunya mengambil uang pembayaran. Lalau menutup lubang bbm dengan penutup, selanjutnya menutup jok sepeda motor. Kemudian memindahkan posisi sepeda motor karena di belakang sobat ada sepeda motor yang antre.

Dengan bersabar sedikit waktu, sobat bisa dengan lebih cepat menyelesaikan pengisisan bbm. Lalu keluarlah dari area SPBU dan silakan sobat menerima ponsel jika masih melakukan penggilan. Jika tidak, ya telepon baik. Tak ada pulsa? Maaf itu bukan urusan saya sobat hehe.

Begitulah alasan mengapa sobat dilarang menggunakan ponsel saat tengah mengisi bbm di sebuah SPBU. Tetap semangat meski cobaan semakin berat, percayalah suatu saat segala rintangan akan lewat dan sobat pun selamat. ***

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Dilarang Nelepon Saat Isi BBM di SPBU?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel