Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih? Ternyata Ini Bumbunya

masnunung - Nasi goreng kambing Kebon Sirih merupakan salah satu kuliner yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bekerja sama dengan pengusaha kuliner melalui Co-Branding Wonderful Indonesia, Gofood (Gojek).

Kuliner ini sering disebit warganet sebagai masakan legendaris, terletak di Jalan Kebon Sirih, Jakarta. Saat saya mencoba mengetikkan nasi goreng kebon sirih di kanal Instagram, wuih yang muncul seribu lebih foto.

Semuanya testimoni atau pengakuan dari warga yang pernah mencoba merasakan nasi goreng ini. Bukan hanya warga Jakarta loh, melainkan juga dari berbagai provinsi di Indonesia. Yang menarik, sobat tak akan menemukan warung nasi goreng di sini yang hanya melayani pesanan satu orang baru dibuat.

nasi goreng
Foto - instagram/ergophile.id
Dilihat dari wajan yang digunakan, nasinya sudah digoreng dalam jumlah yang banyak. Saya meneliti beberapa foto yang diposting, ada pedagang yang harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengaduk nasi goreng di atas wajan.

Bumbu Nasi Goreng Kambing

Jangan-jangan begitu membaca artikel saya yang ini sobat langsung merasa lapar? Waduh, payah banget hehe. Nggak papa deh sobat, itu menandakan kuliner ini memang menarik siapa saja yang menyukai traveling untuk mencicipi makanan di berbagai kota.


Mungkin juga karena ada embel-embel kambing yang membedakan nasi goreng kambing kebon sirih berbeda dengan nasi goreng di daerah lainnya. Sepertinya sobat sudah tak sabar lagi pingin praktik membuat bumbunya.

[Baca Juga: Bumbu Ikan Bakar Ini Bikin Sobat Ketagihan]

Bahan-bahan yang saya cantumkan di bawah ini untuk empat porsi ya. Jadi jangan membawa 10 orang, nanti nggak puas mencicipinya.

  • 450 gram nasi pera, yaitu nasi yang terpisah antar butir nasinya.
  • 300 gram daging kambing, jangan lupa diiris tipis-tipis.
  • 100 gram minyak samin, jika di rumah tak tersedia bisa diganti mentega.
  • 100 ml kaldu kambing.
  • 2 cm kayu manis.
  • 1 lembar daun salam.

Bumbu Halus

Bumbu halus ialah bumbu yang dihaluskan, bisa diulek sendiri di cobek atau diblender.


  • 7 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 4 buah cabai merah.
  • 2 buah cabai rawit merah.
  • 1/4 sendok teh kunyit bubuk.
  • 1/4 sendok teh jintan bubuk.
  • 2 biji cengkeh.
  • 2 biji kapulaga.
  • 1 sendok makan kecap manis.
  • garam secukupnya.

Makanan Pelengkap

Makanan pelengkap untuk nasi goreng spesial ini sebenarnya tak harus ada. Biasanya hanya berupa acar timn dan wortel secukupnya. Lalu ada emping goreng yang dikunyah di sea-sela menikmati butiran nasi gorengnya mauk ke mulut.

nasi goreng kambing
Foto - instagram/wiwitorio

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing


  1. Pertama-tama yang harus sobat persiapkan ialah memanaskan minyak samin atau yang diganti dengan mentega di wajan.
  2. Kira-kira saja panasnya, kemudian tuangkan bumbu halus yang sudah disiapkan. Jangan baru dibuat saat minyak panas ya sobat.
  3. Masih di wajan yang sama, masukkan kayu manis dan daun salam.
  4. Kemudian tumis semuanya hingga baunya harum. Salah satu kegunaan daun salam ialah mengeluaran aroma yang gurih dan wangi. Wangi masakan, bukan wangi parfum.
  5. Selanjutnya sobat masukkan irisan daging kambing yang sudah dicuci bersih. Aduk-aduk lagi hingga merata.
  6. Giliran kaldu kambing yang dituangkan ke dalam wajan, biarkan hingga bumbu mendidih di atas wajan. Biarkan bumbu agak mengental.
  7. Saatnya masukkan nasi, kecap dan garam. Untuk rasa manis atau asinnya, sobat bisa mencicipinya. Kalau kurang manis tambahkan kecap manis. Kalau kurang asin tuangkan garam.
  8. Masaklah hingga kaldu mengering. 
  9. Angkat nasi goreng dari penggorengan, siapkan piring lalu bagilah nasi goreng kambingnya ke empat piring.
[Baca Juga: RM Kelong Seafood Abi Azam, Sensasi Bersantap di Atas Laut]

Biar lebih nikmat, nikmatilah bersama emping, taburan bawang goreng dan acar di sekeliling nasi goreng. Nah, sobat kini bisa membayangkan rasanya nasi goreng Kebon Sirih. Pejamkan mata sobat sambil membayangkan keramaian malam di Jalan Kebon Sirih.

Komentar Penggemar Nasi Goreng

Berikut sejumlah komentar dari warganet yang saya kutip dari #nasigorengkebonsirih di Instagram.

eatineraryid:
Sore ini kita MENGGGGIIILLLAAAAAA!! Nasi goreng legendary kambing kebon sirih, saya customer setia sejak jaman dia di lokasi lama belum digusur ke Kebon sirih sini.
Rasanya ga pernah berubah, dan paling seru liat bapaknya ngaduk nasinya, pasti punya tenaga dalam tuh ga pegel2.

Dari siang menjelang sore uda buka, jam 6 keatas wasalam lah nyari duduknya uda cekek2an dulu sama orang sebelah. Jangan lupa ada sate kambing kalau kalian belum panas dalem, empuk dan hati kambingnya itu enak juga boleh sekalian di pesen yaa


nasi goreng spesial
Foto - instagram/titi_mustikasari

meimeilaper:
GOKIL!! Ini loh proses pembuatan nasi goreng kambing legendaris di kebon sirih. Masak 45 kg nasi sekaligus guys!

palembanginfo.eats:
Akhernyo kesampean jugo mangmin nyicip Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih lur

will_n_win:
NASI GORENG KAMBING KEBON SIRIH !!
jangan ngaku anak jakarta kalo belom cobain nasi goreng ini.
Cara goreng nasi goreng yang sangat unik, karena di masak 1 kuali besar, dan rasa daging kambing yang sangat enak.. Sudah berjualan sejak 1958 dan selalu ramai pengunjung..

LOKASI : Jl. Kebon Sirih Barat I (Dekat Jl. Kebon Sirih) Menteng, Jakarta Pusat.

Sudah dulu ya sobat, baca testimoni di atas saya sendiri jadi kepingin makan nasi goreng hehe. Selamat malam, pagi, sore semoga segala langkah kita selalu dekat dengan Dia sobat. Karena Dia Maha Segala. ***

Belum ada Komentar untuk "Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih? Ternyata Ini Bumbunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel