Sayur dan Buah yang Cocok untuk Hidroponik

masnunung - Pemilik halaman rumah yang sangat terbatas, misalnya perumahan masih tetap bisa bercocok tanam. Caranya dengan teknik hidroponik.

Sebelumnya, sobat sudah tahu belum apa arti hidroponik? Hidroponik itu sebutan di Bahasa Indonesia, di Bahasa Inggris adalah hydroponic, sebenarnya berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya.

Dari dua kata dan artinya tersebut, setidaknya sobat sudah bisa menebak arti kasarnya. Benar, hidroponik atau dikenal juga dengan soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah merupakan budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless. Tanah kadang digantikan media lain seperti sekam.

hidroponik

Artikel kali ini saya hanya menyebutkan beberapa tanaman yang bisa dibudidayakan dengan teknik hidroponik. Mengenai teknik melakukan hidroponik Insya Allah akan saya bahas pada kesempatan lain.

Yuk langsung saja dibaca satu persatu ya sobat, lalu pilihlah yang mana merupakan kesukaan kalian?

1.Tomat

Yang doyan sambal tomat agaknya cocok nih menanamnya sendiri di samping rumah. Sayuran yang berbentuk buah ini termasuk dari sekian jenis sayur yang bisa ditanam tanpa media tanah.

Pilihlah bibit tomat yang unggul, paling mudah ya beli di toko bibit. Sobat harus tahu cara memilih bibit agar tumbuhnya maksimal. Jika ditanaman secara serius, bisa mendatangkan keuntungan. Tapi kalau mau dikonsumsi sendiri, pasti menggiurkan.

2. Melon

Biasanya yang ditanam dengan teknik hidroponik bukannya sayuran? Iya benar. Lha kok melon, bos? Ternyata, melon juga bisa dikembanhkan dengan teknik serupa loh.

Bedanya dengan tomat, untuk membudidaya melon membutuhkan lahan yang tidak terlalu sempit. Cocok untuk sobat yang masih memiliki lahan kosong di belakang atau samping rumah dengan ukuran lumayan luas. Yang rumahnya kecil pilih tanaman lain deh hehe.

3. Seledri

Siapa sih yang nggak tahu seledri? Hampir di sebagian besar menu makanan ditaburkan potongan seledri. Baunya yang khas membuat selera bersantap muncul seketika.

4. Selada 

Bukan rahasia kalau sayuran atau tepatnya lalapan berair ini banyak dibudidayakan dengan hidroponik. Kalau sobat memiliki kolam lele atau kandang ayam, tak ada salahnya menanam selada.

Selada akan menjadi lapapan yang bisa dicocol di sambal saat menyantao nasi dengan lauk lele, tempe, tahu atau daging ayam. Mengonsumsi sayuran, tak terkecuali selada akan menyehatkan tubuh sobat.

5. Paprika

Tanaman holtikultura ini juga mudah ditanam hanya dengan media air. Bagi yang hobi memasak masakan barat, paprika hampir selalu dipakai. Jika membeli di pasar atau supermarket, harganya cukup tinggi.

6. Timun Jepang

Timun ini memiliki nama lain zucchini. Di supermarket kota kecil sobat akan kesulitan menemukannya. Kalau di kota-kota besar lebih mudah memerolehnya. Hal ini membuat harganya lebih mahal ketimbang timun biasa.

7. Strawberry

Pernah ke pegunungan yang memiliki agrowisata strawberry? Wuih pasti menyenangkan ya memetiknya. Kenapa tak mencoba menanamnya di sekitar rumah sobat? Penggunaan buah ini juga semakin meluas, bisa dipakai untuk selai, produk minuman dan pemanis pada beberapa jenis kue.

8. Anggur

Kala panas, membuka kulkas dan menemukan buah anggur siapa sih yang tak ingin mengambi dan memasukkanya ke mulut? Ada puluhan jenis anggur. PIlihlah yang ingin sobat tanam dengan teknik hidroponik.

9. Bayam

Sayur bening bayam, hmmm segarnya. Di alam liar sayuran ini banyak terdapat di rawa, sawah atau bekas galian tanah yang terisi air. Cocok dijadikan pilihan tanaman hidropinik karena memiliki masa tanam cukup singkat. Di usia 4 sampai 6 minggu penanaman sudah bisa dipanen.

Itulah beberapa tanaman yang bisa sobat budidayakan dengan menggunakan teknologi hidroponik. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel