Tahun 2020 Masih Buat Blog? Nggak Salah?

masnunung - Buat blog di tahun 2020 bisa jadi dianggap kegiatan yang membuang-buang waktu semata. Apalagi pakai hosting gratisan. Sekarang itu zamannya menjadi YouTuber, begitu kata beberapa teman saya.

Jika sobat-sobat rajin atau setidaknya mengintip blog-blog saya, pasti ada yang melihat perbedaan. Setidaknya cuttingstickerupdate tak lagi mencantumkan blogspot di belakangnya. Demikian juga dengan masnunung yang juga saya perlakukan sama. Saya pangkas blogspot-nya yang selama ini menjadi ciri blog saya gratisan.

apakah masih relevan membuat blog di tahun 2020

Cuttingstickerupdate isinya informasi tentang jagat cutting sticker, sesuai namanya. Mengapa saya memilih tema tersebut? Karena saya adalah salah satu pelaku usaha ini yang pernah hampir 10 tahun menggelutinya. Ketika kemudian saya kembali ke passion saya sebagai manusia yang hobi nulis, saya ingin membagikan pengetahuan saya yang sedikit ke banyak orang.

Sementara blog yang sedang sobat baca ini, kebetulan baru setengah jam lalu saya belikan domain sehingga namanya lebih keren, masnunungdotcom. Jangan samakan blog ini dengan cuttingstickerupdate. Artinya begini, blog ini saya tidak akan membahas nama saya. Memangnya saya siapa hehe.

Alasan Saya Buat Blog


Di bawah ini akan saya sampaikan alasan-alasan yang membuat saya tetap mencintai dunia blog.

1. Hobi Sejak Kecil


Saat saya masih Sekolah Dasar di kampung saya, Bermi, gembong, Pati, Jawa Tengah, setiap hari pasti membaca koran. Ayah saya adalah Kepala SD di kampung, jadi ada semacam keharusan untuk berlangganan koran. Korannya Suara Karya, terbit setiap hari. Senin sampai Sabtu namanya Suara Karya, kalau Minggu diubah sedikit menjadi Suara Karya Minggu.

Jujur saja, yang pasti saya cari pada awalnya adalah kolom-kolom komiknya. Kalau minggu ada teka-teki silangnya. Selain itu saya juga sudah terbiasa membaca majalah Belia dan Ceria. Beberapa kali mendapatkan kiriman kaos dari penerbitnya karena menang undian tebak perbedaan gambar atau kuis lain.

Lama-lama, seiring saya naik kelas maka keinginan untuk membaca artikel lain pun muncul. Apalagi melihat kakak-kakak saya ada yang hobi membaca. Mungkin benar pepatah alah bisa karena biasa. Saat saya duduk di SMPN, nilai Bahasa Indonesia saya selalu tinggi. Juga di SMA.

2. Menambah Teman


Saya memiliki satu blog gratisan lagi yang saya biarkan sampai sekarang. Namanya metrosticker.wordpress.com, isinya juga hampir mirip dengan cuttingstickerupdate, hanya beda platform. Cuttingstickerupdate awalnya nyantol di blogspot yang kemudian saya belikan domian, sementara metrosticker.wordpress.com tetap saya biarkan pakai wordpress.

Ketika masih aktif menanganinya, hampir setiap hari saya mendapatkan kiriman email atau pertanyaan di kolom komentar. Dari banyak sobat di berbagai daerah di Indonesia. Dari yang awalnya cuma ngobrol soal sticker, pada akhirnya menjadi dekat.

Sampai sekarang pun saya masih berusaha menyempatkan diri membalas WhatsApp mereka. Saya percaya banyak teman bisa mendekatkan rezeki.

3. Berbuat Baik Versi Saya


Sebagai manusia, sama seperti sobat-sobat, alangkah bahagianya kalau bisa berbuat baik. Yang bisa berbagi kebaikan dengan materi pasti menjadi harapan banyak orang. Namun tidak semua orang bisa dan mampu melakukannya.

Akhirnya saya pakai cara sendiri, membantu kebaikan lewat artikel yang saya unggah. Khusus blog masnunung ini, konten yang akan senantiasa saya update ialah apa saja yang mengandung kebaikan. Informasi yang bermanfaat untuk banyak orang menurut saya baik. Kiat-kiat sederhana yang bisa memotivasi banyak orang menurut saya baik juga.

Itu soal niat saya, hasilnya seperti apa saya serahkan saja kepada Tuhan yang memberi saya hidup dan bakat.

4. Cara efektif Promosi


Saya punya akun Instagram yang beberapa waktu lalu populer untuk mengendorse sebuah produk. Ketika saya larikan ke blog agaknya hasilnya juga cukup bagus untuk mendongkrak penjualan sebuah produk. Mungkin untuk hal ini saya lebih pas menyebutnya dengan berita promosi.

Sekitar 10 tahun bekerja sebagai jurnalis di sebuah koran Gurp Jawa Pos, entah sudah berapa banyak berita usaha yang saya edit. Gampang saya menilainya saat itu. Ketika seorang pelaku usaha usai diberitakan kemudian memperpanjang pemasangan iklannya, berarti berita tentang usahanya lebih dikenal lagi.

Dan di blog saya berpikiran hal itu juga bisa saya lakukan.

5. Menyandingkan Portal


Sampai saat ini saya masih mengedit berita di portal suarasiber.com yang saya buat bersama teman baik saya, Mas Sigit (saya dengar tak lama lagi juga akan membuat blog). Ada bahan berita yang bagus ketika ditulis running news atau in depth news di portal, namun acapkali sda sisi lain yang menurut saya bisa diterbitkan di blog.

Maka dari itu ada beberapa konten di blog saya yang sebenarnya masih satu jalur dengan berita yang terbit di suarasiber.com.

6. Belajar Sabar


Wah banyak sekali blognya, Mas.... Iya, yang ini saya mau cerita tentang blog saya gooday.id, yang isinya berita motivasi. Drsember kemarin saya ikut lima lomba blog, ada yang mereview produk kesehatan, travel perjalanan wisata hingga instansi pemerintah.

Tetapi namanya teknologi, menjelang penilaian servernya down beberapa hari. Padahal salah satu syaratnya baik menang atau tidak, srtikel yang sudah diunggah tidak boleh dihapus. Beberapa panitia sudah mengirimi saya email tentang waktu perbaikan ejaan yang salah. Waduh, saya hanya berhasil menyelematkan satu artikel lomba (silakan dibuka blog saya dan tebak artikel yang mana) tetapi ada beberapa tautan yang saya lupa source-nya dari mana.

Hari ini ada sebuah email dari penitia salah satu lomba blog yang saya ikuti, saya menjadi salah satu juara harapan dengan hadiah yang sudah dicantumkan. Tetapi artikelnya sudah tak ada lagi di blog.

Kapokkah saya ikut lomba blog? Nggak!

Membuat Blog untuk Cari Uang?


Saya tidak seberani para mastah yang artikelnya merajai halaman pertama pencarian di Google. Mereka sudah jelas hasilnya dari Google Adsense. Sementara saya hanyalah orang yang baru mulai. Tetapi jika ditanya apakah blog yang saya buat menghasilkan, jawaban saya jujur penghasilan justru saya peroleh dari suarasiber.com.

Berikut saya tampilkan potongan salah satu email dari Google Adsense ke suarasiber. Inilah pembakar kami.

membuat blog mengajarkan banyak hal bagi saya

Dengan ilmu yang sangat dangkal, hanya bermodal browsing sana-sini, akhirnya pertanyaan saya waktu itu terjawab juga. Apakah benar dengan membuat konten bisa mendapatkan uang lewat Google Adsense?

Saya dan Mas Sigit berdarah-darah kalau saya boleh mengistilahkan, artinya benar-benar menyeriusi berita agar terbit di suarasiber.com. Tiga bulan kemudian kami gajian, alhamdulillah sampai saat ini masih terima gaji. Namun sobat jangan berpikir kami sudah menguasai ilmu Seach Engine Optimation (SEO) atau sejenisnya. Kami tahu sedikit dari hasil membaca di internet.

Tidak menutup kemungkinan blog yang sedang sobat baca ini kelak akan saya daftarkan juga ke Google Adsense. Itu langkah dan rencana yang masih panjang. Bukan semata-mata saya membuat blog untuk mencari uang, karena blog-blog saya sebelumnya saya buat tanpa terpikirkan untuk diperkenalkan dengan mahluk bernama Google Adsense.

Jika memang nanti blog saya menghasilkan, tentu akan lebih menambah semangat saya untuk mengupdatenya. Sementara ini saya ngangsu kawruh atau menimba ilmu dari orang-orang yang memang ahlinya.

Saya pribadi meyakini, konten yang baik juga akan dipandang baik oleh pembaca. Ini kami buktikan di suarasiber.com, tiba-tba saja instansi atau lembaga tertentu mengajak kerja sama pemasangan banner atau galeri foto. Sesuatu yang tak pernah kami pikirkan, karena pada dasarnya saya (juga Mas Sigit) memang hobi menulis.

Mohon jangan salahkan saya kalau tetap setia membuat blog. Apalagi saya punya teman baik yang memberikan panduan dengan sabar. ***

Belum ada Komentar untuk "Tahun 2020 Masih Buat Blog? Nggak Salah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel