Tutorial Lamaran Kerja Online, Singkat dan Mudah Dipahami

masnunung - Zaman digital seperti ini memungkinkan perusahaan yang membuka lowongan dan pencari kerja melakukan penjaringan melalui sistem online. Mau tak mau lamaran kerja online menjadi hal mutlak.

Sebenarnya cara seperti ini sudah sangat lazim dilakukan sobat. Jadi lamaran kerja konvensional pun lambat laun akan ditinggalkan. Kalau kita pikir secara matang, lamaran kerja online lebih memudahkan pencari kerja mencari pekerjaan.

lamaran kerja online

Saya teringat pengalaman puluhan tahun silam, sewaktu datang pertama kali ke Batam. Di Mukakuning, ratusan pencari kerja setiap hari memadati kawasan industri terpadu ini. Tiap-tiap pencari kerja membawa berkas lamaran, berjalan berkilo-kilometer menyusuri jalanan yang menghubungkan puluhan perusahaan.

Cara melamar pekerjaan online akan memangkas banyak hal. Pertama waktu, di mana pencari kerja tak harus mengeluarkan biaya hanya untuk mengantarkan berkas lamaran kerjanya ke alamat perusahaan. Kalau perusahaan yang dituju berlokasi satu kabupaten its okey, tetapi bila sudah lintas provinsi?

Dan saya percaya, sejauh apa jaraknya kalau memang ada peluang pekerjaan sesuai dengan keterampilan, sobat pasti akan mengejarnya. Kalau pepatah pendidikan begini, Kejarlah Ilmu Sampai Negeri China, mungkin pepatah mencari kerja Kejarlah Pekerjaan Sampai ke Mana Saja.

Kedua, cara melamar pekerjaan online bisa memangkas waktu. Tinggal duduk depan komputer atau laptop yang tersambung ke internet, proses pengiriman berkas lamaran pun bisa dilakukan saat itu juga.

Form Lamaran Kerja Online

Saya percaya bagian ini yang paling sobat tunggu. Sebenarnya tak ada form khusus untuk lamaran kerja online. Bedanya tidak diantar ke perusahaan langsung atau ke kantor pos, JNE, JNT atau Gosend. Melainkan melalui teknologi yang bernama email.

Tetapi kalau sobat sama sekali tidak paham saya berikan contoh di bawah ini. Contoh ini bukanlah format yang baku. Untuk kata-katanya silakan sesuaikan dengan kemampuan sobat. Buatlah kalimat yang sederhana namun memiliki nilai ketertarikan bagi yang membacanya, dalam hal ini HRD perusahaan yang membuka lowongan.


Jika sobat tak ingin membuatnya secara manual, ada banyak website yang menyediakan jasa pembuatan lamaran kerja online gratis.

Aplikasi untuk Surat Lamaran Kerja

1. Visual CV

VisualCV memiliki fitur yang mudah duntuk digunakan. Juga menyediakan banyak template yang bisa sobat pilih sesuai kebutuhan. Bahkan aplikasi ini memiliki kemampuan mengunggah detail resume yang sobat buat di Microsoft Word. Tetapi.. versi gratisannya akan menampilkan watermark Visual CV.

2. Canva

Kelebihan Canva ialah puluhan template surat lamaran yang bisa diedit sesuai kebutuhan. Demikian juga dengan jenis huruf, ukuran huruf, warna latar dan sebagainya.

Ketika sudah selesai membuatnya, sobat bisa mengunduhnya dan memilih format filenya. Mau jpg, png atau pdf. Sama seperti Visual CV, ada beberapa desain yang berbayar jika ingin menggunakannya.

3. CV Maker

Sesuai namanya, bisa sobat tebak gunanya ialah membuat Curriculum Vitae secara online. Bentuk surat lamaran kerja yang dibuat dengan aplikasi ini simpel dan sederhana.

Versi gratisnya hanya menyediakan 6 template surat lamaran kerja. Hasil akhirnya bisa sobat unduh dalam bentuk pdf, html atau txt.

Saya sebutkan tiga saja, karena sobat bisa menemukan banyak aplikasi lainnya di internet. Intinya, aplikasi hanya memudahkan. Karena sudah disediakan formnya, sobat tinggal mengisi.

Membuat Lamaran Kerja Online

Lamaran kerja yang baik pasti melampirkan file pendukung. Pada contoh form yang manual di atas, sobat mencantumkan akan melampirkan juga file pendukung seperti Daftar Riwayat Hidup, scan ijazah terakhir, scan surat keterangan dokter (jika diminta), pas foto.

Sebelumnya siapkan dahulu berkas-berkasnya. Yang belum discan silakan discan dahulu. Jika ingin rapi buatlah lamaran kerja sobat di Microsoft Word lalu ubahlah menjadi format pdf. Atau gunakan salah satu aplikasi pembuat surat lamaran kerja di atas dan unduh dalam format pdf atau yang lain.

Kini bukalah email sobat. Belum punya email? Zaman secanggih ini belum punya email, jadi akun smartphone kalian emailnya dibuatkan toko ya hehe.

Pada bagian to tuliskan nama email perusahaan yang akan sobat kirimi lamaran kerja. Jika dibutuhkan bisa mengisi kolom cc atau bcc, Kemudian jangan lupa isikan subject atau judul email.

Karena memang lagi melamar pekerjaan, isikan saja Surat Lamaran Kerja dikasih nama sobat. Jika perusahaan pembuka lowongan memberikan syarat-syarat untuk penulisan subject ya harus diikuti biar tidak sikesampingkan karena salah penulisan format Subject.

Selanjutnya upload semua berkas. Yang menggunakan file terpisah klik tanda penjepit kertas atau lampiran dan pilih file-file yang akan dikirim. Sementara kalau formatnya sudah dalam bentuk pdf lengkap, tidak perlu mengunggahnya satu persatu.

Jika perusahaan meminta sobat menyertakan portofolio, sobat bisa mendapatkan ulsan saya mengenai hal ini dengab membaca cara membuat portofolio dengan baik dan benar.

Mengapa Lamaran Kerja Sobat Diabaikan?

Sobat, saat melamar pekerjaan secara online, yang dibaca HRD ialah berkas yang dikirimkan. Jangan buat yang membaca tidak paham apa yang sobat kirimkan. Entah gaya bahasanya yang kasar, tidak tersambung antar kalimat, penggunaan huruf misalnya kapital semua, atau berkas yang tidak lengkap.

Jika itu yang sobat buat, niscaya HRD akan melewati berkas sobat dan memilih pelamar lain. Padahal belum tentu lho skill sobat kalah dibandingkan yang kelak diterima. Namun kesan pertama buatlah menggoda, seperti iklan deodoran kala saya masih kecil dulu di televisi.

Cermati apa syarat yang ditetapkan perusahaan. HRD akan berpedoman pada syarat tersebut. Kalau sobat pernah mengikuti lomba blog, pasti tahu jika panitia lomba satu dengan lain memiliki syarat yang berbeda.

Beberapa kali artikel lomba yang saya kirimkan tidak mendapatkan respon karena ada syarat yang kurang. Memang ada panitia lomba blog yang mengirimkan pemberitahuan jika ada waktu perbaikan salah ketik dan memberitahu ke email, namun tidak semuanya seperti itu.

Jadi sobat, kini sudah tahu bagaimana membuat lamaran kerja online kan? Selamat mencoba dan doa saya dari hati yang terdalam, sobat mendapatkan pekerjaan sesuai yang dicita-citakan. Amiin. ***

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Lamaran Kerja Online, Singkat dan Mudah Dipahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel