Uang Koin Ini Jadikan Pemiliknya Kaya Raya

masnunung - Uang koin atau uang recehan adalah uang dalam bentuk lempengan logam yang berbentuk bulat. Meski nilainya kecil, karena paling tinggi pecahan Rp1.000, namun bisa menjadikan pemiliknya sangat kaya.

Uang koin 500 masih bisa ditukarkan ke supermarket atau swalayan yang banyak menggunakannya untuk kembalian. Demikian juga dengan uang koin 1.000. Biasanya pihak swalayan mau menerimanya dengan catatan jumlahnya agak banyak.

uang koin


Sobat, siapakah orang-orang kaya di Indonesia atau di dunia itu? Mereka adalah orang-orang yang uangnya sangat banyak, memiliki usaha beragam dan gaya hidupnya sebagian besar menunjukkan keberadaannya. Meski harus diakui ada orang-orang kaya yang tetap memilih hidup sederhana.

Uang koin bagi mereka mungkin tak berarti. Dan mungkin juga tak pernah dikumpulkan. Menghitung yang bukan koin saja harus dilakukan pihak lain, bank misalnya, mana ada waktu orang-orang kaya tersebut menghitung koin biji demi biji.

Kaya Raya Berkat Uang Koin


Berikut ini ada dua warga negara Indonesia, warga biasa, orang desa, yang menurut saya pantas dianggap kaya raya. Tentu apa yang saya tuliskan di sini merupakan opini saya, bukan mewakili pendapat orang lain.

Yanto dan Riska


Baru-baru ini publik tentu mendengar atau membaca kabar pasangan suami istri Yanto dan Riska, warga Kampung Mekarsari RT 005/002, Desa Rahong, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat. Keduanya yang hidup pas-pasan tak mau disebut miskin dan mengumpulkan uang koin sekantong plastik untuk membayar biaya persalinan anak mereka.

Biaya persalinan Riska yang jumlahnya sejutaan lebih dibayar menggunakan uang koin 1.000 yang dimasukkan ke dalam tas kresek putih. Keesokan harinya, pihak Puskesmas Cilaku mengembalikan uang koin Riska sebesar Rp500 ribu sebagai bentuk apresiasi.

Meski tak punya, namun Yanto dan Riska tetap ingin melakukan kewajibannya membayar uang persalinan anak mereka.

Riska sendiri mengakui, penghasilan suaminya Rp900 ribu sebulan. Kalau tidak menabung khawatir tak mampu membayar uang persalinan. Karena nabungnya menggunakan sisa uang belanja, yang bisa ditabung hanyalah uang koin 1.000.

Memang ada niat dari Riska dan Yanto untuk menukarkannya terlebih dahulu sebelum melahirkan. Namun rupanya waktunya tak terkejar sehingga uang koin itulah yang dibawa.

Eka Duta Prasetya


Kisah Eka terjadi tahun 2017 silam, dan sempat menghebohkan warganet. Pemuda berusia 16 tahun asal Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini membayar uang sekolah sebesar Rp1 juta menggunakan uang koin 1.000.

Eka mengaku menabung sejak kelas 6 SD karena ingin melanjutkan sekolah hingga menjadi ahli komputer, cita-cita mulianya. Kisah Eka tersebar ketika ada seorang petugas penerimaan murid baru di MAN 1 Magelang menyaksikan ada calon siswa menghitung uang koin di meja pembayaran. Lantas difoto dan tersebar di jagat maya.

Baca Juga:

[Karena Durian, Saya Dijuluki Manusia Bodoh]

[Pegawai Kemenag Simpan Susu Bayi yang Tertinggal]

Selama ini Duta tinggal di rumah kontrakan bersama ayah dan neneknya. Rumah yang dihuninya harus segera dikosongkan karena hendak dijual pemiliknya. Dalam kondisi seperti itu Eka tetap menyalakan semangat bisa tetap sekolah.

Kekuatan tersebut diajarkan sang ayah yang hanya sebagai petugas parkir di RST dr Soedjono Kota Magelang. Ayahnya selalu berpesan, kemiskinan bukan alasan untuk tidak sekolah.

Setelah melakukan pendataan dan pengamatan langsung ke rumah Duta, akhirnya pihak MAN 1 Magelang mengembalikan uang sekolah Duta alias menggratiskannya.

Kaya Tekad dan Semangat


Sobat, saya yakin bukan hanya Yanto dan Riska dan Duta yang mengumpulkan koin demi koin untuk tujuan tertentu. Mereka hanya contoh saja, sementara yang lain tetap bisa saya kategorikan kaya. Saya menyebut mereka kaya raya, yaitu kaya semangat.

Bisa saja suatu hari nanti kita mendengar kabar Duta yang meraih cita-citanya, atau bayi pasangan Riska dan Yanto yang menjadi manusia pilihan, berguna untuk bangsa dan negara ini.

Saya salut sama mereka. Kehidupan sehari-hari saja sudah terasa sulit. Apalagi harus menyisihkan uang koin 500 atau uang koin 1.000. Sementara ada yang hidupnya lebih baik namun berupaya agar disebut miskin hanya untuk mendapatkan belas kasihan. Lalu digratiskan urusannya. ***

Belum ada Komentar untuk "Uang Koin Ini Jadikan Pemiliknya Kaya Raya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel