Apa Sih yang sudah Diperbuat Insan Bumi Mandiri Selama 4 Tahun?

masnunung - Sebelum saya menuliskan tentang Insan Bumi Mandiri, ada sedikitnya lima orang yang coba saya ajak tukar pendapat. Kebetulan mereka teman-teman blogger, meski sedikit banyak tahu namun informasi tentang lembaga filantropi ini mereka terima berbeda.

Bahkan ada tiga teman yang terus terang bertanya, sebenarnya apa sih yang sudah dilakukan Insan Bumi Mandiri selama ini. Maklum, selama ini kami memang lebih banyak diskusi soal tulisan, konten apa yang menarik untuk dibahas dan sebagainya.

insan bumi mandiri 01
Salah satu program bantuan para Sahabat Pedalaman lewat Insan Bumi Mandiri. Foto - insanbumimandiri.org

Seperti teman saya di atas, pasti ada sobat lain yang bertanya, pertanyaan yang sama. Untuk menjawabnya menurut saya mudah, dan itu juga yang saya lakukan kepada tiga teman blogger saya.

Yuk kita meluangkan waktu sejenak untuk sebuah kebaikan. Tak perlu beranjak dari tempat duduk, buka saja halaman resmi Insan Bumi Mandiri. Di sini sobat juga akan menemukan istilah Sahabat Pedalaman, yakni relawan dan donatur yang selama empat tahun telah menorehkan jejak kebaikan di pedalaman.

Awalnya Insan Bumi Mandiri banyak memberikan perhatian dan bantuan untuk masyarakat di pedalaman timur Indonesia. Namun kemudian berkembang ke pedalaman wilayah lain di Indonesia.

Pernahkah sobat berpikir bahwa berdonasi untuk sesama bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari di ponsel? Insan Bumi Mandiri melakukan hal itu. Zaman now pasti sobat maunya instan bukan?

Berdonasi di lembaga filantropi ini bisa sobat lakukan dengan cepat, instan, tanpa ribet. Namun tahukah sobat, partisipasi Sahabat Pedalaman (dan saya percaya setelah ini sobat menjadi satu diantara mereka) tak akan hilang ditelan zaman.

Beragam persoalan di pedalaman, seperti transportasi, infrastruktur, kesehatan, pendidikan menjadi hal nyata yang bisa terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pedalaman. Dan satu sobat, mereka adalah saudara kita.

Oh, iya, sudah ada beberapa sobat nih yang langsung beraksi. Ketika ada di halaman Insan Bumi Mandiri, silakan sobat tekan tombol Donasi maka akan dibawa ke halaman pendaftaran.

Sobat bisa masuk menggunakan akun FB atau Google atau by phone. Atau bisa melengkapi form tentang nama sobat dan nomor ponsel. Jika sobat lebih suka menyembunyikan identitas, centang saja kotak sembunyikan nama saya. Selanjutnya pilih nominal bantuan lalu klik pembayaran.

Pada saat artikel ini saya tulis, sudah ada 410 program donasi, 50.991 donatur dan 49.339 penerima manfaat melalui Insan Bumi Mandiri.

Sobat tinggal pilih ke mana donasi ingin disalurkan. Setiap hari akan ada informasi objek yang bisa dibantu. Misalnya rumah singgah untuk pasien pedalaman NTB, sumur bersih untuk pedalaman NTT, operasi mata Pak Rajab Guru Ngaji di NTT, renovasi masjid pertama saksi bagi mualaf Desa Nekmese dan masih banyak yang bisa sobat pilih.

Jika butuh transparansi silakan sobat klik gambar program bantuan, maka akan muncul halaman baru yang memuat nama program, foto lapangan, jumlah dana terkumpul, target pengumpulan donasi dan waktu yang tersisa.

Saya ambil contoh Bangun Mimpi Anak Negeri Sahabat Matahari, sudah terkumpul 36.991.505 dari target Rp500.000.000. Pada riwayat donasi tercantum 164 donatur yang nama-namanya bisa sobat cek. Coba saja sobat klik tombol donasi dan transfer donasinya, maka di bagian riwayat donasi akan muncul nama sobat paling atas beserta jumlah donasi yang ditransfer.

Nah, sekarang sobat tahu berapa banyak program dan donasi telah disalurkan. Pasti jumlahnya cukup banyak, ya? Ehem, kayaknya masih ada yang bertanya laporan keuangannya boleh diakses nggak?

Insan Bumi Mandiri selalu mengupdate informasi perjalanan donasi sobat di halaman Kabar Terbaru. Foto - insanbumimandiri.org
Silakan sobat scroll halaman Insan Bumi Mandiri dan masuklah ke menu Laporan Keuangan. Menurut saya wajar saja sobat sebagai donatur tetap atau calon donatur ingin tahu.

Sepertinya apa yang saya uraikan cukup memberikan pemahaman tentang lembaga filantropi ini ya sobat. Semakin banyak donatur seperti sobat yang bergabung menjadi Sahabat Pedalaman, jumlah program bantuan akan semakin banyak.

Bukankah kearifan yang ditanamkan para pendiri negeri ini ialah saling berbagi? Sehingga kita kenal istilah gotong-royong. Hmm... indahnya bergotong-royong berbagi kebaikan. Semoga bermanfaat. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel